Pilih Mana Antara Rumah Atau Apartemen?

Saat mencari tempat tingga baru, terkadang sulit untuk memutuskan apakah ingin tinggal di rumah atau apartemen. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih rumah atau apartemen. Mungkin saja Anda sebenarnya menginginkan lebih banyak ruang atau lebih menyukai kenyamanan dan fasilitas yang diberikan saat tinggal di apartemen. 

Maka dari itu, penting untuk memahami pro dan kontra dari rumah dan apartemen sebelum membuat keputusan. Berikut ini, ada empat hal yang bisa Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih rumah atau apartemen sebagai hunian tempat tinggal Anda. 

  1. Analisa Harga Rumah atau Apartemen

Biasanya, ketika akan membeli rumah Anda akan membandingkan terlebih dahulu berapa biaya yang akan dikeluarkan. 

Jika Anda ingin membeli apartemen, maka Anda harus mengetahui anggaran yang akan dikeluarkan, sebab semakin mahal apartemen, maka semakin besar pula unit apartemen yang Anda miliki. Begitu juga sebaliknya, semakin kecil unit apartemen, semakin murah biaya yang dikeluarkan. Biasanya, harga satu unit apartemen tidak termasuk dengan fasilitas pendukung seperti cleaning service atau biaya perawatan apartemen. 

Sedangkan, jika Anda menginginkan kebutuhan ruang yang lebih besar untuk keluarga tetapi tetap ada privasi,  maka rumah akan lebih baik dibandingkan apartemen. Sebab, ada sebagian orang yang mengajak orang tua nya tinggal bersama anak-anak nya. Penting untuk mengkalkulasi anggaran biaya yang akan dikeluarkan, sebab rumah dengan ruangan yang lebih luas membutuhkan biaya lebih mahal, apalagi dengan adanya fasilitas halaman yang luas.

  1. Perhatikan Biaya Perawatan

Rumah memiliki perawatan yang lebih banyak pada setiap ruangannya yang menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemilik rumah. Sedangkan pada apartemen, tanggung jawab perawatan akan dikelola langsung oleh pengelola apartemen. Besarnya anggaran biaya yang dikeluarkan tergantung pada kerusakan unit apartemen Anda. Sehingga, akan berpengaruh pada biaya pengeluaran apartemen Anda.

  1. Fasilitas yang Ditawarkan

Apartemen terletak di tengah kota dengan lokasi yang strategis. Bagi Anda yang mementingkan fasilitas umum dan pendukung yang ditawarkan apartemen, berarti Anda menginginkan kenyamanan yang lebih, mulai dari adanya gym di apartemen, dekat dengan pusat kota ataupun kantor Anda. 

Namun, jika Anda lebih mengutamakan privacy dan jauh dari kebisingan, maka hunian rumah akan menjadi kenyamanan Anda. Tetapi, kalau Anda menginginkan fasilitas gym ataupun kolam renang, berarti ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. 

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup seseorang tentu akan mempengaruhi keputusan untuk memilih apartemen atau rumah sebagai hunian tempat tinggal. Ketika Anda lebih nyaman tinggal di tengah kota agar dapat pergi ke pusat perbelanjaan atau tidak ingin menempuh jarak yang jauh untuk menghadiri acara penting, maka hunian apartemen menjadi pilihan yang paling tepat. 

Kompleks perumahan biasanya terletak di pinggiran kota, sehingga akan membutuhkan waktu lebih untuk pergi ke pusat perbelanjaan, rumah sakit ataupun transportasi umum. Tetapi, ketika Anda lebih nyaman dekat dengan saudara dan keluarga, maka rumah akan menjadi pilihan yang nyaman bagi Anda. 

Memilih rumah atau apartemen memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda ingin lebih banyak kebebasan, privasi dengan lingkungan yang lebih tenang maka rumah menjadi pilihan yang terbaik, tetapi Anda harus mempersiapkan anggaran lebih besar untuk biaya perawatan dan lainnya. Sedangkan apartemen cenderung memiliki kebebasan dan ruangan yang terbatas. Namun, jika Anda ingin menghemat anggaran dan mengutamakan fasilitas, maka apartemen akan memberikan pilihan yang lebih terjangkau.